Breaking News
recent

#BahasLagu Muse - Unintended

Halo, gue udah lama nih nggak posting di blog ini. karena bingung mau nulis apa, nggak ada ide mau nulis apa. Akhirnya ide yang dicari datang juga. Nggak sia-sia meditasi (baca: ngelamun) yang gue lakuin selama ini.

Nah, setelah perlamunan yang kesekian kalinya, muncullah sebuah ide, yaitu membahas lagu-lagu favorit gue. Wah, gue jadi excited banget waktu itu. Karena dengerin lagu udah jadi hobi. 3 kali sehari, setelah makan. Udah kayak minum obat. Jadi kalo dipikir-pikir, bahannya banyak banget. Yes!

Nah, segmen membahas lagu favorit gue ini gue beri judul #BahasLagu. Awalnya sih mau pakai #BedahLagu, tapi istilah itu terlalu medis.

Sebagai pembukaan #BahasLagu ini, gue pilih lagu dari salah satu band favorit gue (karena band favorit banyak), Muse, yang judulnya Unintended.

Judul yang cukup ribet. Bisa bikin lidah kram. Karena lagu ini pertama kali gue tau dan gue dengar pas SMP. Dan lagi, kemampuan bahasa inggris gue pas-pasan banget di zaman itu. Sekarang juga masih dong. Wahaha (kok bangga banget ya? -_-).

Lagu Unintended, dari semua lagu Muse, ini yang paling gampang dimainkan. Chord intronya E B7. Terusannya cuma E Am D G C B7 E. Gitu aja terus, sampe Doraemon jadi adiknya Shinchan.

Lalu, apa kerennya lagu ini? Ya keren bangetlah pokoknya. Si vokalis, Matt Bellamy, yang biasanya bikin lagu penuh distorsi, di lagu ini jadi melow galau. Walaupun susunan chord yang dipake aneh, tapi lagunya easy listening banget. Pas banget buat suasana hati yang sedang galau. Atau bisa juga untuk lagu pengantar tidur.

Tapi, sebenarnya lagu ini bercerita tentang apa sih?
Oke, mari kita lihat video dan liriknya:


MUSE - UNINTENDED

Verse 1
-You could be my unintended choice
Kau mungkin kan jadi pilihan tak
terdugaku
-to live my life extended
untuk menemani hari-hariku
-You could be the one
Kau mungkin kan jadi satu-satunya
-I'll always love
Yang kan selalu kucinta

Verse 2
-You could be the one who listens to
Kau mungkin kan jadi satu-satunya yang mau mendengarkan
-my deepest inquisitions
Segala tanyaku
-You could be the one
Kau mungkin kan jadi satu-satunya
-I'll always love
Yang kan slalu kucinta

Chorus
-I'll be there as soon as I can
Aku kan datang secepat mungkin
-But I'm busy mending broken pieces of the life I had before
Namun, kumasih merajut kepingan hidupku sebelumnya
**(Before you)**
**(Sebelum dirimu)**

Verse 3
-First there was the one who challenged
Mulanya, ada seseorang yang menentang
-All my dreams and all my balance
Semua mimpi dan keseimbanganku
-She could never be as good as you
Dia takkan mungkin sebaik dirimu

----------------

Banyak sekali perdebatan dalam memaknai lagu ini. Itupun gara-gara judulnya. Ada yang bilang Unintended ini berarti "Yang Tak Diharapkan" atau bisa juga "Yang Tak Direncanakan". Tapi, ada juga yang mengartikannya menjadi "Calon Istri / Tunangan".

Gue lebih prefer ke terjemahan yang pertama. Karena di depan kata intinya menggunakan "Un". Yang kurang lebih artinya "bukan / tidak". Seperti yang digunakan pada judul-judul lagu Muse yang lain yaitu Undisclosed, Unnatural, dan Unsustainable.

Udahlah nurut aja ya, biar gue nggak pusing.
Terjemahan:
Udahlah nurut aja, daripada saya bacok.

Di lagu ini ada 3 tokoh, yaitu 'Aku', 'Kau' dan 'Dia' (kayak judul lagunya Dhani ya). Di lagu ini 'Aku' menceritakan kelebihan-kelebihan 'Kau'. Dari awal sampai selesainya lagu.

Bahkan bagi 'Aku', si 'Kau' ini lebih baik dibandingkan 'Dia'. Terbuktikan di lirik "She could never be as good as you".

Di Chorus, 'Aku' mengatakan bahwa akan bersama 'Kau' secepatnya. Tapi butuh waktu, karena 'Aku' masih hancur karena hubungan yang sebelumnya, yaitu dengan 'Dia'.

Karena inilah mengapa disebut Unintended. Si tokoh 'Aku' ini masih hancur karena hubungannya dengan 'Dia'. 'Aku' belum berencana membina hubungan baru lagi, tapi tanpa diduga si 'Kau' ini datang. Bisa dibilang masih merasa kapok untuk membina hubungan lagi. Belum bisa move on.

Secara singkatnya, 'Aku' suka sama 'Kau' daripada 'Dia', tapi 'Aku' belum siap menjalin hubungan baru.

Kurang lebih seperti itu maknanya menurut gue. Dan ini diluar rumor tentang 'penelepon gelap' yang sering diceritakan di berbagai blog di luar sana. Gue memaknainya sesuai dengan lirik yang ada.

Entah benar atau tidaknya ini, tetapi Ariel Noah pernah berkata
"Pendengar memiliki kebebasan untuk memaknai lagu. Sesuai dengan mimpinya."

Yah, asal memaknai lagunya nggak ngawur dan melenceng jauh dari yang dimaksud sih.

Oke, cukup sekian. Sampai jumpa di segmen #BahasLagu selanjutnya.

2 komentar:

  1. si muse ini suka pakai judul lagu yang un-un ya, mungkin bentar lagu unnie (kakak dalam bahasa korea) hadi penasaran sama lagunya.
    brb download

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tumben nulisnya typo mbak. Huehehe..

      Ya semoga aja mereka nanti nggak bikin judul lagu unch unch mbak, bahaya..

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.