Breaking News
recent

Jam Tangan Idaman

Blog

Setiap orang pasti memiliki kriteria pada sesuatu hal yang ingin dimilikinya. Entah itu pasangan hidup, ataupun hanya sebuah benda. Begitu juga gue, yang memiliki kriteria jam tangan idaman.

Sudah 3 bulan ini (mungkin lebih) jam tangan gue hilang. Ini berarti gue harus beli baru lagi (kecuali ada yang mengikhlaskan jam tangan kerennya buat gue). Untuk pembelian ketiga kalinya ini, gue harus memilih dengan baik jam tangan mana yang sesuai kriteria gue.

Ya sebenarnya jam tangan yang hilang ini sudah hampir memenuhi kriteria jam tangan idaman. Hampir lho ya, jadi ya lumayan seneng juga sih jam tangannya ilang. Hehehe..

Memangnya apa aja sih kriteria jam tangan idaman gue ini?

Belum paten kok. Cuma kriteria sementara untuk sekarang ini. Siapa tau nanti gue mau kriteria yang lebih uye lagi. Ini kriteria jam tangan idaman gue :

1. Jam Digital-Analog atau Digital
Yang gue inget, jam yang pertama kali gue miliki itu Analog. Gue anggap kalian sudah tau arti analog. Gue nggak terlalu seneng jam seperti ini. Karena tidak menunjukkan waktu secara tepat dan detil beserta satuan detiknya.

Cuman ya kelebihannya jam analog itu cukup lihat sekilas saja sudah tau jam berapa. Beda dengan digital yang perlu waktu sedikit lebih lama untuk melihatnya. Karena terkadang rancu antara angka 0 dan 8. Belum lagi otaknya loading dulu mikir 18.30 itu setengah 7 atau setengah 9. Gue sering begini.

Kalau gue pake jam analog, nanti gue nggak bisa hitung mundur bel pulang sekolah dengan tepat (ini hobi gue pas SMA). Makanya gue milih digital.

2. Tahan Air
Tahan air yang gue maksud adalah bisa dipake mandi tanpa menyebabkan efek samping bagian dalamnya ngembun. Banyak temen-temen gue yang jam tangannya seperti itu. Tulisannya water resist berapa m gitu, tapi kehujanan ngembun. Mungkin karena udah pernah dibuka buat ganti baterai.

Gue nggak mau ribet lepas jam tangan kalo misalnya tiba-tiba kehujanan ataupun mau cuci tangan. Ribet. Takutnya abis dilepas lupa dipakai lagi. Kalo ada jam tangan yang tahan air, kenapa nggak dipilih? Ya kan?

3. Strap Yang Tidak Mudah Rusak
Ada banyak macam jenis strap di dunia per-jam tangan-an. Yaitu karet, jahitan, kulit, besi, dan jenis strap lain yang nggak gue ketahui. Kebanyakan strap yang dipakai untuk jam sport adalah karet.

Jam gue yang hilang ini strap-nya termasuk jenis karet. Dan hanya dalam durasi 3 tahun sudah rusak beserta strap cadangannya juga. Untuk target jam tangan baru ini, gue mau mencoba yang dari jahitan. Kalaupun rusak bisa diganti tali paracord.

4. Ukuran Pas
Sebenarnya kalo gue memakai jam ukuran kecil ya tangan gue merasa nyaman-nyaman saja. Yang nggak nyaman itu mata saya. Nanti malah gue kira gelang. Mata minus 3 ya begini nih.

Gue juga nggak suka jam yang kegedean ukurannya. Itulah sebabnya gue nggak pake jam Big Ben di tangan. Bagaimana dengan Anda?

5. Hari dan Tanggal Otomatis
Jam tangan gue yang hilang kemarin sudah ada fasilitas ini. Hari dan tanggal otomatis tanpa harus mengatur ulang setiap bulannya.

Hari, tanggal, bulan dan tahun yang cocok tanpa harus diatur lagi. Seperti sudah tau kalo Januari itu 31 hari, Februari itu 28/29 hari. Malah gue yang sering lupa sebulan itu berapa hari, harus hitung pake tangan dulu. Gue merasa primitif.

Kriteria ini gue masukkan karena gue juga sering lupa hari ini tanggal berapa. Tidak efisien kalau harus ngeluarin HP dulu dari kantong celana. Kalo sudah ada di jam tangan, kita bisa menghemat sekitar 3 detik.

-----------

Ya, itu aja sih kriterianya. Untuk kriteria yang terakhir tidak terpenuhi bukan masalah. Yang penting 4 kriteria sebelumnya terpenuhi.

Hanya saja, sampai sekarang gue belum menemukan jam tangan idaman saya itu. Budget-nya nggak kuat. Minimal 250ribu biar dapet sesuai kriteria.

Ada yang tau tipe dan merk apa jam tangan yang sesuai sama kriteria gue? Atau kalian punya kriteria jam tangan sendiri? Share aja di komentar.

21 komentar:

  1. aku juga punya jam tangan model kayak gitu mas, harganya 200ribuan saja, aku beli tahun 2014 sampai sekarang masih setia melingkar di pergelangan tanganku hehe

    anti air, baterai awet, belum ada kerusakan kecuali ganti baterai hehe

    kena air hujan masih tetep kokoh menyala tanpa konslet maupun kaca ngeblur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih, awet banget bisa nyampe 3 tahun. Itu merek apa mas? Diameter berapa? Pengen beli juga tapi rata-rata kegedean..

      Hapus
  2. Ini juga masuk dalam ktiteria aku banget, Mas..
    Apalagi soal ukuran yang pas, itu jadi suatu hal disaat membel.
    Aku pribadi udah dari kecil kebiasaan pake jam. Jadi kalau sudah lupa pake itu, serasa ada nempel di lengan, padahal gak ada..

    Setuju banget sama tahan air, aku juga suka. Terutama disaat kehujanan, kan gak ribet harus lepas, apalagi disaat wudhu ketika shalat di perjalanan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang aja aku masih ngerasa pake jam tangan. Mungkin karena peran jam tangan aku ganti sama gelang..

      Hapus
  3. Yg penting tahan air, hihi. Tau gak, walau saya cewek tp lebih suka pakai jam cowok. Keren ajah keliatannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah, asal jam cowok itu jam sport. Kalo yang stainless mending tetep pake jam cewek deh mbak. Keren kalo cewek pake jam sport, apalagi kalo warna hitam.

      Hapus
  4. Aku malah nggak pengen punya jam tangan. Dulu pernah pakai pas jaman sekolah. Cuman tangan akunya sering gatel. Terus emang nggak pernah awet. Jadi ngandelin hp aja deh :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pake jam tangan emang bikin gatel. Apalagi kalo jam tangannya nggak water resist, jadi ribet nyucinya, jadi males nyucinya, dan pasti bikin gatel. Mungkin gak pernah awet karena makenya biadab :D

      Hapus
  5. Gue mah semua jam tangan cocok aja lah, asal warna hitam dan digital. Iya, DIGITAL. Menurut gue lebih enak digital, angkanya bisa keliatan jelas.

    Sama satu lagi, kalau emang ada, gue mau jam tangan yang bisa ngerekam, baik video maupun audio. Kalau ada loh ya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaps, setuju. Jam digital juga lebih tepat nunjukin waktunya.

      Gak pengen jam tangan yang bisa ngebius? Kayak detektif conan gitu :D

      Hapus
  6. kalau gue liat jam dan mau beli, pertama yang gue liat itu adalah ebntuknya..strapnya nggak mau yang gede gede karena tangan gue kecil jadi maunya yang kecil ja. Untuk spec lainnya bisa menyesuaikan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm... bentuknya. Iya juga sih. Kalo kegedean gue juga males pake. Hal yang penting lainnya itu water resist mbak. Nggak ribet nyucinya

      Hapus
  7. kulit kering deket penampakan jamnnya gak nahan Maher :D, pake hand body lotion dulu gih harusnya hahaha.

    gue pribadi lebih suka jam analog, malah gak pernah beli jam digital. alasannya sama kayak lo. dan kalau beli jam tangan harus yang kecil dan ringan. soalnya gue kurus, kalo pake jam kegedean selain gak match juga bikin tangan pegel. makanya pingin banget nggendutin badan biar bisa pake jam-jam sport yang kece.

    dan gue juga gak suka jam tangan yang terlalu girly. aneh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis dari pantai itu mbak.

      Yah, emang enak banget sih jam analog. Lihat sekilas aja udah tau jam. Btw, semangat nggendutinnya ya..

      Hapus
  8. Tadinya aku hampir menyarankan beberapa merk jam tangan. Tapi begitu baca budgetnya merk tadi ga masuk semua. Kenapa ga langsung ke toko jam besar dan lihat-lihat? Siapa tahu ada yang cocok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Takutnya udah lama milih, cocok sama salah satu jam, ternyata mahal, trus gak jadi beli. Soalnya gue kalo milih lama. Kayak milih calon istri. Lhah

      Hapus
  9. Dulu punya beberapa harga murahan pake bgt. Alhasil cepet rusak dan gak awet. Yaiyalah! Hehe

    Nah tahun kemaren nyoba beli yang agak mahal dikit. Cuma seratus lebih aja sih. Sampe Sekarang Alhamdulillah awet dan tahan air juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, merk apaan tuh? Asal nggak kegedean sih gak masalah sih + warna hitam..

      Hapus
  10. waterproof itu idaman banget sih, mau gadget ataupun jam tangan.Gue suka kalau jam tangan itu warnanya tegas, hitam ya hitam putih ya putih, nggak nyampur2 kayak eskrim :) dan jam tangan idaman pria yang pasti yang ada settingan hari dan tanggal juga sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hitam keren banget jev, apalagi yang sport :D

      Hapus
  11. Wah ngomongin jam idaman! sampai sekarangpun saya belum punya jam idaman lagi!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.