Karakteristik Orang Jepang Yang Harus Dimiliki Orang Indonesia


Postingan ini gue tulis karena pengalaman gue yang seringkali dirugikan gara-gara karakteristik atau sifat yang berkembang di Indonesia ini. Dan ketika gue browsing di internet tentang Jepang, gue kagum. Sifat-sifat yang dimiliki mereka benar-benar mulia (gue ngomong apa sih ?). Ada beberapa karakteristik yang gue rangkum, dan ini semua harusnya dimiliki orang Indonesia yang dimata dunia saat ini merupakan negara dengan rakyatnya yang sopan. Ini dia :

1. Tidak Nyerobot Antrean

Kalo di Indonesia, cuma ada di beberapa tempat orang mau antre. Kalo di Jepang, orang-orangnya tertib, karena punya malu.

2. On Time

Ngaret, merupakan budaya Indonesia yang sulit dihilangkan. Gue yakin, kalian pasti pernah melakukan ini. Gue pernah. Karena temen-temen gue yang sering ngaret. Gue mikir, buat apa on time kalau yang lainnya ngaret? Iya kan? Males banget nunggu. Nunggu kepastian dari doi misalnya. Halah opo iki.

3. Kerja Keras

Orang yang kerja males-malesan, jarang sekali terlihat di Swasta. Tapi untuk di Pegawai Negeri, buuanyak (huruf u dobel karna saking banyaknya) pegawai yang males-malesan kerja. Kenapa ? Karena untuk pegawai negeri, mau males-malesan atau kerja keras, tetep digaji kok. Selow aja.

4. Cinta Budaya Sendiri

Yang gue tau dari film dan animenya, mereka pasti menampilkan ciri khas Jepang. Misalnya rumahnya yang pintunya digeser (seperti di Doraemon), kimono, kue mochi, sumpit, dan masih banyak lagi. Dan gue juga belum pernah lihat mereka makan pake sendok, pasti sumpit. Nah, Indonesia juga punya ciri khas yaitu batik. Jadi, 
cintai batikmu, pake batik tiap hari. (you sing you lose).

5. Berjiwa Membangun

Maksud gue disini adalah tidak memiliki jiwa perusak. Contoh saja banyaknya keran air minum yang berada di berbagai sudut taman kota. Keran air minum itu pun tidak pernah dirusak dan selalu dirawat dengan baik. Coba keran air minum seperti itu dibangun di Indonesia, pasti rusak. Stadion aja kursinya dirusak.

6. Bersih

Ini yang bikin gue suka sama Jepang dan pengen kesana. Bersihnya itu lho, mengagumkan. Saking bersihnya Jepang, ikan-ikan koi dibiarkan hidup di parit. Kalau di Indonesia bagaimana ?? Mati, keracunan sabun.

7. Peduli Hidup Sehat

Di Jepang, mobil atau motor jarang terlihat. Itu karena orang Jepang peduli akan kesehatan. Rata-rata masyarakat Jepang berangkat kerja atau berangkat sekolah naik sepeda atau naik kereta bawah tanah.

Tapi, dari semua hal keren yang ada di Jepang, itu semua karena didukung fasilitas yang dibangun oleh pemerintah Jepang. Harusnya, negara Indonesia yang gue banggakan ini bisa seperti itu. Analisa gue kenapa Jepang bisa seperti itu hanya satu.

Masyarakat dan Pemerintah saling mendukung dalam memajukan Negara.

Jadi, Indonesia kapan? 

13 Responses to "Karakteristik Orang Jepang Yang Harus Dimiliki Orang Indonesia"

  1. sifat gue semua itu :v kecuali yang point terakhir, gue paling susah kalo olah raga :v bawaannya males gitu kalo olah raga :v

    BalasHapus
  2. Orang Indonesia tuh sebenernya disukain loh sama orang luar. Kita ini sopan-sopan cuma sekarang aja entah kemana kesopanan itu menghilang.

    ane juga pernah baca artikel, cewek jepang lebih memilih cowok Indonesia untuk jadi pasangan ketimbang cowok jepang asli.

    BalasHapus
  3. 1. Antri : Ya, emang kebanyakan gak bisa dipungkiri selalu melanggar aturan ini. Contoh kecilnya di lampu merah. Baru aja, 2 detik lampu hijau, suara klakson udah di telinga.

    2. On Time : Menskipun banyak temen gue seperti ini, syukurnya jiwa disiplin gue boleh dibilang tahan banting. Sering sendirian nunggu yg lain hadir. Karena terlalu sering duluan dan On Time. -_-

    3. Kerja keras : ya bener ni. Mau kerja keras atau males, gaji sama. Jadi ngapain?? Begitulah orang Indonesia.

    4. Cinta budaya sendiri : Ya, kadang gue juga ngerasa bingung. Bukan karena banyak budaya, tapi, karena gue punya 2 budaya yg berbeda di tempat kelahiran sama suku asli gue. Tapi, gue tetep cinta budaya Indonesia. Seru dan kaya.

    5. Berjiwa membangun : Iya, ya. Gak kebayang kalo keran air minum ada di Indonesia. Mungkin biar hemat, airnya dioplos. :D

    6. Bersih : Eh, ya kita bersih juga tapi bersih dari rasa senang. Karena kita sudah terlalu lama tersiksa oleh akibat diri sendiri. :D

    7. Peduli hidup sehat : Iya, mereka lebih milih naik sepeda ketimbang naik mobil sama motor. :D

    BalasHapus
  4. Karakter2 orang Jepang yg kamu sebutin di atas emang patut untuk ditiru, secara masyarakat Indonesia memang masih banyak yg tabiatnya kurang benar.
    Jepang emang keren, bro :) aku jg suka sm beberapa budayanya. Tapi, negatifnya juga banyak lho mereka, jadi kita jangan sampai berlebihan mendewakan negara Jepang ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan mendewakan. Ada beberapa karakteristik mereka yang seharusnya ditiru. Yang gak seharusnya ditiru, gak gue cantumin. Bikin tren aneh-aneh misalnya..

      Hapus
  5. Dari dulu memang gue suka sama jepang. coba deh kalo lo lihat di acara televisi jepang. kehidupan mereka teratur banget. peradaban mereka maju. gue setuju sama semua yang lo bilang di atas. terutama yang bagian mengantri dan ontime. salut gue sama sifat itu.

    BalasHapus
  6. Setiap negara pasti punya budaya-budaya yang baik. Orang Indonesia juga, mereka punya budaya-budaya yang baik. Tapi entah kenapa ada beberapa orang yang sudah enggak memegang budaya Indonesia dan mulai beralih ke budaya yang kekinian, yang menurut aku negatifnya lebih banyak.

    Budaya-budaya Jepang yang ada di atas kayaknya masih dipegang teguh sama orang-orang disana. Walaupun disana juga banyak budaya yang negatif seperti legalnya vidio porno dan budaya negatif lainnya. Tapi mereka tetap memegang budaya positifnya. Semoga bisa ditiru sama orang-orang Indonesia.

    Aku udah niru beberapa budaya positif di atas :))

    BalasHapus
  7. Budaya2 positif orang jepang sangat mengagumkan. Mereka ga ngaret , nepatin janji, peduli kebersihan dll sesuai yg kamu sebutin di atas. Terlambat 1 menit aja orang bs ketinggalan kereta di sana hahaha.
    Aku udah menerapkan sebagian . Mereka hidup teratur dan terpola dgn baik .

    BalasHapus
  8. Iya gue juga setuju..semoga kita bisa mencontoh pedoman hidup orang jepang..dimulai dari diri kita sendiri..tapi juga ada sifat yang orang Jepang nggak punya dan kita punya...seperti sifat ramah tamah, saling menolong, dan hidup berkelompok, saling tenggang rasa dll karena dari yang gue baca orang jepang lebih pada self-centered dan juga mudah stress karena tekanan hidup terlampau tinggi..bahkan banyak yang tinggal di warnet dan rumah semacam kandang karena saking nggak bisa ngikutin tekanan hidup di sana..banyak juga yang stress dan bunuh diri. Tapi, teteeep...agar menjadi negara yang ramah tamah iya, kerja keras iyaaa..kita bisa mencontoh negara Jepang tanpa meninggalkan sifat Indonesia yang dipuji banyak orang di dunia, yaitu sifat tolong menolong dan ramah tamah :D

    BalasHapus
  9. thanks gan infonya menarik dan bermanfaat sekali
    terus update info menarik lainnya semoga sukses terus

    BalasHapus
  10. Jujur paling prihatin sama yang nomor 1,2,5, sama 6.

    Suka heran kadang kenapa banyak yang gamau antri padahal benda atau apapun yang bakal dituju sebenernya ngga akan habis dan udah pasti kebagian. Belum lagi kalau janjian entah ketemuan, rapat, acara atau apa aja ... janjinya jam berapa malah dateng jam berapa. Ngga tau entah kapan budaya jam karet ini berakhir. Hiks. T_T.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel