Cara Mudah Membaca Barcode UN Tanpa Aplikasi (Code 39)

sumber : youtube.com


Semoga judulnya dapat menggoda mereka yang mau Ujian Nasional. Padahal barcode-nya udah beda. Huahaha....

Setelah penantian cukup panjang. Sepertinya sudah aman untuk di-share. Untuk kalian yang dulu UN pake kertas, masih inget gak sama barcode di soal UN?

Harusnya masih inget, karena kali ini gue akan membahas cara membaca barcode TANPA APLIKASI. Kalo lupa barcode-nya yang kayak gimana, ini dia wujudnya..



Ada banyak jenis barcode di dunia ini. Barcode yang dipakai di soal UN (yang Kertas ya, bukan Komputer) jenisnya adalah barcode 'Code 39'. Yang jelas, barcode ini berbeda jenisnya dengan barcode Indomie, Cheetos, Poki Poki dan temen-temennya.

Nah, untuk memudahkan barcode ini di-translate ternyata susah, kira-kira 2 hari waktu yang gue butuhkan. Tapi setelah ketemu polanya, ternyata kok sederhana banget. 

Padahal waktu itu otak gue hampir aja konslet. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan rupiah. Apasih!

Oke, fokus. Di dalam barcode 'Code 39' ini, setiap 5 garis hitam itu berarti satu karakter. Atau kalau bingung lihat saja gambar dibawah ini..



Nah, karena kalo pake gambar tadi sulit banget dihapalin. Jadi gue ubah menjadi meja (tabel, bener kan gue?). Ini dia mejanya...


Sebelumnya, ada beberapa ciri khas barcode ini yang harus diingat, yaitu
1. Setiap 5 garis barcode sama dengan 1 karakter. 
2. Cara membedakan antar barcode adalah melalui ketebalan garis dan spasi garis pada setiap 5 garis barcode (kalimat yang sedikit membingungkan). 
3. Selalu diawali dan diakhiri dengan karakter bintang (*). 

Oke, langsung saja, ini barcode yang akan kita pecahkan !!!

Silahkan jawab di kolom komentar.


Caranya begini :
1. Kita bagi barcode tersebut. Setiap 5 garis hitam dianggap satu kesatuan, karena bersatu kita teguh, bercerai kita rujuk lagi mau nggak?? (Astaga gaje banget sih).

2. Karena ketentuan barcode ini 5 garis depan dan belakang pasti karakter bintang (*). Jadi, kita buktikan saja..
Bisa kita lihat, ketebalan dan spasi garis tersebut SAMA.

3. Perhatikan SPASI-nya. Setelah 1 garis hitam, jaraknya sedikit lebih lebar, lalu 4 garis hitam dengan jarak yang lebih sempit dan empat garis tersebut jaraknya sama. Jadi, pada tabel tadi, spasi-nya adalah 1 4 (Satu Empat).

Ini barcode *


4. Sekarang kita perhatikan KETEBALAN garisnya. Dari kelima garis, terlihat garis ke 3 dan 4 lebih tebal daripada garis lainnya. Jadi, pada tabel adalah 34 (Tiga Empat).

5. Lihat tabel, hubungkan SPASI 14 secara horizontal, dan TEBAL 34 secara vertikal. Garis vertikal dan horizontal tersebut akan bertemu di bintang (*). Ini gambarnya


6. Ulangi lagi langkah ke-3 dan seterusnya untuk garis barcode selanjutnya.

-------------

Gampang kan? Kalo tau jawabannya, tulis di komentar ya..

Oh iya, satu lagi. Cara menghapalkan tabelnya.

Disitu ada angka TEBAL yang cukup banyak. Berbeda dengan SPASI yang cuma empat. Kelihatannya angka tersebut acak. Tapi, sebenarnya angka tersebut membentuk pola. Lihat gambar ini.


Nah, seperti itulah polanya.

Okelah, semoga postingan ini dapat berguna untuk kalian buat ngode gebetan. Siapa tau peka. :D

8 komentar:

  1. Wahh keren nih, kalo bisa mecahin code md5, bikinin dong tutorialnya, siap baca 😁

    BalasHapus
  2. keinget zaman SMA dulu waktu UN saling ngelihat kode soal lewat aplikasi barcode eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masuk ke ruang ujian bawa-bawa ribet ya? Bingung mau diumpetin dimana 😁

      Hapus
  3. Asli aku baru tau barcode bisa dibaca dgn cara begini, hahaha
    Bermanfaat banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata sesederhana itu kan.. 😅
      Semoga bener-bener bermanfaat..

      Hapus