header

Nostalgia PS1


Jadi, bulan Juni kemarin PS1 saya ketemu. Dulu sempat hilang gara-gara nggak pernah dimainin lagi, terus lupa disimpan di mana. Pas ketemu, adaptornya hilang, 2 stiknya rusak, dan casing-nya menguning. Tapi itu semua bukan masalah, karena yang paling penting buat saya adalah stickernya nggak rusak.

Sekitar tahun 2007 (mungkin), saya dibelikan PS1 second sama bapak. Jadi, sejak awal sudah ada sticker itu dari pemilik sebelumnya. Sticker bergambar dua mata di penutup kaset, dan dua naga saling berhadapan. Itulah yang membawa kenangan buat saya, karena dulu setiap ganti kaset pasti melihat sticker itu. Sticker itu sudah menjadi bagian penting di masa kecil saya.


Singkat cerita setelah sedikit perbaikan (cuma nyetting optik) dan beli stik sama adaptor, PS1 ini akhirnya menyala lagi. Nah untuk kaset game-nya, saya burning sendiri biar lebih murah. Pertama modal kuota untuk download game dan download aplikasi buat burning CD-nya. Yang kedua, modal beli CD-R yang harga satu kepingnya 2ribu rupiah. Tutorialnya nanti saya buat disini.

Saatnya main game. Game yang pertama kali saya coba tentu saja CTR. Dulu hampir tiap hari main CTR. Sempat nonton di youtube, ternyata masih banyak trik-trik di CTR yang belum saya ketahui. Dulu cuma nemu beberapa, misalnya jalan pintas di setiap track, dan cara melepas TNT.

Selain CTR, ada satu lagi game andalan kami, yaitu Vigilante 8. Ini game tipe battle royale yang pertama kali saya kenal. Pertama, kita memilih mobil, kemudian kita dibawa ke sebuah arena, dan di sana kita looting senjata yang dibutuhkan untuk melawan musuh. Konsep battle royale yang umum sekarang ini kan?

Sayangnya, main Vigilante 8 nggak seseru zaman dulu. Bukan, bukan game-nya yang nggak seru. Menurut saya semua game multiplayer asal dimainkan bareng teman tetep bakalan seru-seru aja. Yang bikin nggak serunya adalah sekarang saya kalo main Vigilante 8 langsung mual, motion sickness. Padahal dulu main game ini nggak kenapa-kenapa. Yah, faktor U memang nggak bisa bohong.

Kalo main CTR agak pusing juga sebenarnya, tapi nggak separah Vigilante 8. Jadi kayaknya saya mau nyoba main Suikoden aja, yang nggak mungkin motion sickness. Jadi untuk sementara, PS1-nya dipajang dulu. Cuma ngelihatin sticker-nya sudah membawa nostalgia kok.


Photo by Mariah N from Pexels

Posting Komentar